Selasa, 21 April 2009

HardWare Komputer

·

Sejarah Komputer,

(Hard ware)

Generasi 1,2,
GENERASI 3(1965 – 1970)(Merupakan Generasi Awal Dari Perkembngan Komputer)
MENGGUNAKAN IC(INTEGRATET CIRCUIT) dg tehnologi (SLT)Solid Logic Tehnology ) dimana antara transistor dan Dioda ditempatkan terpisah dan berkembang menjadi tehnologi (MST)Monolitik System Tehnology antara transistor ,resistor,dan dioda jadi satu tempat yg disebut CHIPset
Prosesnya lebih cepat
Kebutuhan listrik Hemat
Memori lebih besar
External memori Magnetic Disc berukuran besar
Multiprossesing dan Multiprograming
Antara alat input dan out put mulai berkembang.
Generasi 4 (1970 – 1995)
Pengembangan dari Chips dengan menggunakan tehnology LSI (Large Scale Integrated )dimana beberapa Ic ditempatkan dalam satu tempat yang disebut chip dimana pada Generasi ini chip bersekala lebih besar dari sebelumnya atau disebut Micro chip
Berkembang Micro Komputer dgn Menggunakan Microprossesor
Memori yang digunakan Lebih besar Kapasitasnya dan ukuran fisiknya lebih kecil dari sebelumnya
Generasi 5 (1995 s/d sekarang )
Perkembangan Teknologi LSI Menjadi VLSI (Very Large Scale Integrated
Pengembangan Komputer Dgn Konsep Artificial Neural Network (Jaringan Syaraf Tiruan ) Dimana nantiya computer memiliki Kemampuan beradaptasi dengan manusia secara real time .
Dari Hal hal diatas dapat Disimpulkan Bahwasanya Perkembangan Dari tehcnology computer mengacu pada hal :
1.Praktisi Dimana dulu computer berukuran seukuran rumah sekarang seukuran bolpoin Bahkan lebih kecil lagi dan praktis bisa dibawah kemana – mana
2.Kemampuan menyelesaikan tugas skrg Komputer Sudah mampu menyelesaikan Bayak Tugas Secara Bersamaan (Multi Tasking)
3.Hemat :Dalam pembuatan dan penggunaanya
4.Efisien : (kecepatan & Ketepatan)pengguna tanpa memerlukan waktu yang lama dalam penggunaannya dan Komputer memiliki kemampuan yang tepat
5.Dengan Berkembangnya Sistem edukasi Jaringan diharap kan computer menjadi Sebuah Komputer Yg benar benar dapat Membantu dalam mengatasi Kesulitan Kesulitan yang dihadapi Oleh Manusia

PENGGOLONGAN KOMPUTER
MENURUT DATA YANG DIOLAH :
1. Analog Computer
Komputer Analog digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik. Seperti Arus Listrik, temperatur, Kecepatan
2. Digital Computer
Data yang diterima oleh Komputer digital berbentuk angka atau huruf. Komputer Digital biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik
3. Hybrid Computer
Didalam Aplikasi yang khusus, dibutuhkan suatu komputer yang mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dan komputer digital dan lebih tepat dan komputer analog. Komputer ini merupakan kombinasi dan komputer analog dan komputer digital.
Berdasarkan Penggunaannya, Komputer di golongkan ke dalam
Special-purpose computer ( Komputer untuk penggunaan khusus) menurut fungsinya komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya berupa satu masalah saja. Komputer ini dapat berupa Komputer Digital maupun computer analog
General-Purpose Computer ( Komputer Untuk Penggunaan Umum) menurut fungsinya komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah
Berdasarkan ukurannya, komputer di golongkan ke dalam :
Micro Computer (Komputer Mikro) PDA
Mini Computer (Komputer Mini) CHILD DESCT
Small Computer (Komputer Kecil) NOTEBOOK / LAPTOP
Medium Computer (Komputer Menengah) Komputer pada umumnya
Large Computer (Komputer Besar) >=3 Prosesor
Dan Super Computer (Komputer Super) 25prossesor
Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
MENURUT FUNGSINYA TERBAGI MENJADI :
1.INPUT
2.PROSESING
3.OUTPUT


Cashing
FUNGSI :
1.TEMPAT DIMANA KITA MENEMPATKAN perankat keras tambahan(pheriperal) KOMPONEN-KOMPONEN ELEKTRONIK DARI KOMPUTER
2.MEMBERI PERLINDUNGAN DARI KOMPONEN-KOMPONEN ELEKTRONIK DARI KOMPUTER

Wadah atau tempat melindungi motherboard, control board(perangkat internal), power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya. Jenis casing komputer adalah berdasarkan bentuknya, yaitu:
1. Casing desktop
Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira
30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm. Umumnya casing desktop dijadikan tumpuan
monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan
power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk harddisk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-
kabel lampu.
2. Casing tower
Saat ini komputer 80486 ke atas menggunakan casing tower, selain memakan sedikit tempat
sebagai pijakan, ruangan di dalam casing komputer lebih luas, sehingga suhu dalam casing
komputer tidak cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya.
Casing komputer jenis tower terdiri dari:
a. Mini tower
Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama. Yang
membedakan dari jenis-jenis tersebut adalah ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya.
b. Middle tower
Casing tower dipasaran juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu
power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.
Istilah-istilah :
Motherboard : Papan rangkaian komputer tempat semua komponen elektronik komputer terangkai.

Perangkat Keras menurut Fungsinya Dapat dibedakan :
A.Input :Suatu alat/komponen Sebagai Media / Alat untuk meneruskan Masukan2/perintah2 yang di inginkan untuk diproses .

Contoh :
a1 Mouse :
Dapat dibedakan
1.(menurut prinsip kerja yg digunakan nya)
1.Mouse Ball dgn menggunakan bola karet untuk menagkap sensor gerak kursor (dimana mouse tsbt digerakan maka bola karet tsbt akan memutar gerigi mouse kemudian sensor gerak meneruskan (menginput)masukan ke kursor untuk menghasilkan gerak kursor
Kelebihan; Murah,Tidak memakan tenaga(bertenaga 5volt)
Kekurangan: mudah macet,Memer lukan Media landasan yang kesat dan rata
2.Optical Mouse : Menggunakan led (Light Dioda) untuk menangkap sensor gerak
Kelebihan : Memiliki penampilan yg menarik,Jarang macet
Kekurangan : Agak mahal ,Kadang pada Pc Yg power suplaynya yg tidak setabil tidak dapat berfungsi dgn baik
2.Menurut Syncronisasi thdp Pc :
1. Via ps/2
2. Via Serial
3. Via Usb
4. Via Bluetooth
Ket : SINCRONISASI = Suatu kondisi yang memunkinka Hubungan timbal balik antara dua atau lebih perangkat elektronoik
Koneksi = Hubungan antara 2 atau lebih perangkat elektronik tanpa mempertimbangkan hub timbal balik kedua perangkat tsbt.
(terkoneksi belum tentu sincron tapi sincron sudah pasti terkoneksi)
Exp: koneksi antar kedua Ponsel dimana satu ponsel telah terdeteksi ponsel lain sedang yg satunya tidak,kondisi spt ini disebut TERKONEKSI tapi Syncronisasi kedua perankat tsb bermasalah
a.2 KEY BOARD:
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di
buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun
1877 oleh Perusahaan Remington.

BAGIAN BAGIAN KEYBOARD
1.Typewriter keys:Berupa tombol tombol pada mesin ketik
terdiri HURUF,ANGKA,TANDA BACA
2.Numeric keys : Berupa tombol2 angka
3.Function keys(f1 s/d f12) :Mempunyai fungsi2 tertentu tergantung
Dari Program yang dipergunakan
4.special Keys Antara lain:

1. Via ps/2h
2. Via Serial
3. Via Usb
4. Via Bluetooth
a.3 Pointer / Pengraph : Bentuk seperti bolpoint
Guna : untuk menggerakan kursor lebih detail / memperinda Gambar!
Bisanya digunakan dalam proses editing gambar
a.4 Scaner :
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi.Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

a.5 Camera/Web cam :
Salah satu input device yang sedang marak
belakangan ini adalah digital camera. Dengan
adanya alat ini, kita dapat lebih mudah memasukan
data berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang
relatif cukup besar, ke dalam komputer kita.
Digital camera yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis camera
untuk mengambil gambar statis, sampai dengan
camera yang dapat merekam gambar dinamis seperti video.


a.6 Mic (Microphone)
Kalau camera digunakan untuk memasukkan input berupa gambar (dan
suara), maka mic digunakan hanya untuk memasukkan input berupa
suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras
tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card, dan
speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.



B.Pemroses (Processor) : suatu alat /komponen yang berfungsi untuk mengontrol / memproses masukan2 untuk dteruskan berupa hasil /kondisi/output
A Alat Pemroses adalah alat di mana instruksi-instruksi program di proses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan di alat output.
B Alat Pemroses terdiri dari :
Central Processor atau CPU ( Central Processing Unit) dan
Main Memory.
C CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu :
Unit Kendali
Arithmetic And Logic Unit
.
1.CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT) ,

CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program,
Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam
dunia dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan
pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal
pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400
yang dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal
dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450,
Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya. Masing-masing produk ini
mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan
unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang
berukuran kecil yang disebut dengan register.

1.a CU (Control Unit) / Unit Kendali


Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada
pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input
menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat
output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program
komputer, membawa data dari alat input ke memori utama, dan mengambil
data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan
aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim
instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit
kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk
diproses.
Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau
perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
Menyimpan hasil proses ke memori utama.
1.b ALU (Arithmatic and Logic Unit)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi
sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar
penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi
program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).

Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang
digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi
lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama. Secara
analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data
secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan
kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan
dan perbandingan logika.

Program yang berisi kumpulan dari instruksi-instruksi dan data diletakkan di memori utama yang
diibaratkan sebagai sebuah meja. Kita mengerjakan program tersebut dengan memproses satu per
satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya, dimulai dari instruksi yang pertama dan berurutan
hingga yang terakhir. Instruksi ini dibaca dan diingat (instruksi yang sedang diproses disimpan di
register).

Misalnya instruksi berbunyi HITUNG C = A + B, maka kita membutuhkan data untuk nilai A dan B
yang masih ada di meja (tersimpan di memori utama). Data ini dimaca dan masuk ingatan kita (data
yang sedang diproses disimpan di register), yaitu misalnya A bernilai 2 dan B bernilai 3. Saat ini
ingatan otak kita telah tersimpan suatu instruksi, nilai A, dan nilai B, sehingga nilai C dapat dihitung
yaitu sebesar 5 (proses perhitungan ini dilakukan di ALU). Hasil dari perhitungan ini perlu
dituliskan kembali ke meja (hasil pengolahan disimpan kembali ke memori utama). Setelah semua
selesai, kemungkinan data, program, dan hasilnya disimpan secara permanen untuk keperluan di lain
hari sehingga perlu disimpan di dalam lemari kabinet (penyimpanan sekunder).

Dengan demikian, ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu:
1. Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
2. Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan
hasil pengolahan.
3. Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.

Ada banyak register yang terdapat pada CPU dan masing-masing sesuai dengan fungsinya. Di
bawah ini akan diberikan penjelasan secara garis besar dari masing-masing register:
1. Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.
2. Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi
dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan
instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi
instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan diproses, sehingga bila pemrosesan
sebuah instruksi selesai maka jejak instruksi selanjutnya di memori utama dapat dengan
mudah didapatkan.
3. General purpose register, yaitu register yang mempunyai kegunaan umum yang
berhubungan dengan data yang sedang diproses. Sebagai contoh, register jenis ini yang
digunakan untuk menampung data yang sedang diolah disebut dengan operand register,
sedang untuk menampung hasil pengolahan disebut accumulator.
4. Memory data register (MDR) digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil
pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang akan direkam ke
memori utama dari hasil pengolahan oleh CPU.
5. Memory address register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi
pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan.

Sebagai tambahan dari register, beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyai
kecepatan sangat tinggi dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan mengurangi waktu yang
terbuang. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data atau instruksi diterima dari
memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama baru proses
selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan
register sehingga akan banyak waktu terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah blok
informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu
berhubungan dengan cache memory.
+Array Processor +
Bila sejumlah besar dari perhitungan harus dilakukan, maka untuk
mempercepat proses biasanya dipergunakan unit tambahan yang
disebut dengan array processor atau co-processor. Unit ini terpisah
dari unit lainnya yang dapat ditambahkan pada pemroses utamanya.
Dengan perkembangan teknologi sekarang, unit pemroses tambahan
ini sudah tidak diperlukan lagi karena pemroses mikro yang ada
sudah mampu menangani perhitungan dengan kemampuan dan
kecepatan yang sangat tinggi. Teknologi pemroses tambahan ini
diperlukan untuk komputer-komputer mikro lama, misalnya yang masih menggunakan pemroses
utama seri 8088 hingga 80486.


MEMORI
CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang
berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang
dibutuhkan untuk keseluruhan proses program. Untuk mengatasi hal ini,
maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan yang berkapasitas
lebih besar yaitu memori utama. Unit ini dapat dibayangkan sebagai
sekumpulan kotak-kotak yang masing-masing dapat menyimpan
sepenggal informasi baik berupa data maupun instruksi. Tiap-tiap lokasi
dari kotak ditunjukkan oleh suatu alamat (address), yaitu berupa nomor
yang menunjukkan lokasi tertentu dari kotak memori.

Ukuran memori ditunjukkan oleh satuan byte, misalnya 1 Mb, 4 Mb, 8 Mb, atau bahkan adayang
sampai 256 Mb. Pada umumnya 1 byte memori terdiri dari 8 – 32 bit (binary digit), yaitu banyaknya
digit biner (0 atau 1) yang mampu disimpan dalam satu kotak memori.


Random Access Memory (RAM)
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di
memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau
dihapus isinya) oleh pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
2. Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang
akan diakses.
3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil
pengolahan.
4. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan
ditampilkan ke alat output.

Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung terlebih dahulu di input storage. Bila
input tersebut berupa program maka akan dipindahkan ke program storage, dan bila berbentuk data
maka akan dipindahkan ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di
working storage dan bila akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut dipindahkan ke output
storage.

Read Only Memory (ROM)
Dari namanya, ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam
ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-
program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur
penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu,
dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer
diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang dapat
berupa cold booting atau warm booting.

Cold booting(start up) merupakan proses mengaktifkan sistem komputer pertama kali untuk mengambil program bootstrap dari keadaan listrik komputer mati (off) menjadi hidup (on). Sedangkan warm booting (restart)merupakan proses pengulangan pengambilan program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del.
Proses ini biasanya dilakukan bila sistem komputer macet, daripada harus mematikan aliran listrik
komputer dan menghidupkannya kembali.

Instruksi-instruksi yang tersimpan di ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena
hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Isi dari ROM ini tidak boleh hilang
atau rusak karena bila terjadi demikian, maka sistem komputer tidak akan bisa berfungsi. Oleh
karena itu, untuk mencegahnya maka pabrik pembuatnya merancang ROM sedemikian rupa
sehingga hanya bisa dibaca, tidak dapat diubah-ubah isinya oleh orang lain. Selain itu, ROM bersifat
non volatile supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.
Pada kasus yang lain memungkinkan untuk merubah isi ROM, yaitu dengan cara memprogram
kembali instruksi-instruksi yang ada di dalamnya. ROM jenis ini berbentuk chip yang ditempatkan
pada rumahnya yang mempunyai jendela di atasnya. ROM yang dapat diprogram kembali adalah
PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya
tidak dapat diubah kembali. Jenis lain adalah EPROM (Erasable Programmable Read Only
Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang.
Disamping itu, ada juga EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) yang
dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

C.Output : bagian dari suatu system yang dapat Menampilkan hasil dari masukan2 yang telah diproses(berupa,tampilan & suara

OUTPUT DEVICE
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf,
angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat
dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input
untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
- Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media
keras seperti kertas atau film.
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media
lunak yang berupa sinyal elektronik.

Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat
outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer,
plotter, dan alat microfilm . Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel,
dan speaker.

Printer dan Plotter
Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil
proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki
berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman
hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun
beragam.
Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran
yang sangat besar, digunakanlah plotter.


Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun
informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat
resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman
gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor.
Jenis Resolusi yng digunakan pada monitor saat ini antara lain :
VGA ; Video Grapic Adaptor
Resolusi : 640x480 pixel
SVGA : Super Video Grapic Adapter
Resolusi :800x600 pixel
XGA : Extended Grapic Adapter
Resolusi : 1024 x 768 pixel
Resolusi (Jumlah kesatuan detail Pixel Dari suatu Grafik/Gambar yg tampil )
Pixel : (Picture Elemen) Ketajaman Jarak Pandang dari Tiap sel Grafik 2Dimensi
Semakin jauh jarak pandang maka gambar yang dilihat maka akan Semakin Tampak Bagus
Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar
cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Infocus
Infocus hampir sama dengan monitor.
Fungsinya adalah untuk menampilkan
gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya
saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai
media penerima pancaran singnal-signal
gambar yang dipancarkan. Media penerima
tersebut sebaiknya memiliki permukaan
datar dan berwarna putih (terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding
putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.

MEDIA PENYIMPANAN (MEMORI) EKSTERNAL (storage)
Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan
penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas. Contoh dari memori
eksternal adalah floppy disk, harddisk, cd-rom, dvd.
Hampir semua memori eksternal yang banyak dipakai belakangan ini berbentuk disk/piringan
sehingga operasi data dilakukan dengan perputaran piringan tersebut. Dari perputaran ini, dikenal
satuan rotasi piringan yang disebut RPM (Rotation Per Minute). Makin cepat perputaran, waktu
akses pun semakin cepat,namu makin besar juga tekanan terhadap piringan sehingga makin besar
panas yang dihasilkan. Untuk media berkapasitas besar dikenal beberapa sistem yang ukuran RPM
nya sebagai berikut
3600 RPM Pre-IDE 5200 RPM IDE 5400 RPM IDE/SCSI 7200 RPM IDE/SCSI 10000 RPM SCSI

Setiap memori eksternal memiliki alat baca dan tulis yang disebut head (pada harddisk) dan side
(pada floppy). Tiap piringan memiliki dua sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1. Setiap head/side
dibagi menjadi lingkaran lingkaran konsentris yang disebut track. Kumpulan track yang sama dari
seluruh head yang ada disebut cylinder. Suatu track dibagi lagi menjadi daerah-daerah lebih kecil
yang disebut sector.



Floppy Disk
Floppy disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25”
dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan
High Density (HD).
Floppy disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes
(untuk HD). Sedangkan floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD) dan
ntuk HD). Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy 1.44 Mbytes (u
disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan
kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar.
Floppy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan
kapasitas. Walaupun demikian, penulisan pada floppy disk dapat
dilakukan berulang-ulang, walaupun memakan waktu yang relatif lama.


Z IP Drive
n kapasitas pada floppy disk mendorong lahirnya teknologi baru Keterbatasa
yang disebut dengan Iomega Zip Drive. Perangkat ini terdiri dari floppy drive
dan cartridge floppy khusus, yang mampu menampung samapai hampir 100MB
data. Jumlah ini jelas memungkinkan untuk menampung file multimedia dan
grafik (biasanya berukuran mega bytes), yang sebelumnya tidak dimungkinkan
untuk disimpan dalam floppy disk.


Harddisk
Memiliki komponen-komponen : piringan logan (platter), head, rangakaian elektronik, Harddisk memiliki
rangkaian penguat, DSP (digital signal precessor), chip memory, konektor, spindle, dan actuator
arm motor controller.

kapasitas harddisk bermacam-macam, mulai dari ukuran Mbytes K
sampai dengan Gbytes. Ukuran kapasitas yang sangat besar ini sangat
menguntungkan dalam hal penyimpanan data. Seperti halnya floppy
disk dan omega Zip drive, harddisk juga dapat menangani penulisan
berulang kali dengan kecepatan yang relatif jauh lebih cepat
dibandingkan dengan floppy disk. Tapi sayangnya, terdapat kendala
dalam segi mobilitas, karena untuk memindah-mindahkan harddisk berarti harus membongkar Cashing
(harddisk tersimpan di dalam Casing). Ternyata, kendala ini telah dapat diatasi dengan adanya konsep
Removable Harddisk. Hardsik dibentuk berupa cartridge, yang dipasang pada removable rack yang
terambung pada power supplay dan kabel data IDE Interface-nya.

CD-ROM
Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan
diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itu mulai berkembanglah teknologi
penyuimpanan pada optical disc.

CD-ROM terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti
alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan
yang reflektif. Proses ini dilakukan degan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan
yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening.

Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening
tersebut sementara motor memutar disk. Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-
lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi
menjadi data digital.

Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk
ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknyayang kecil dan tipis memudahkannya untuk
dibawa-bawa. Kapasitas penyimpanannya pun cukup besar, yaitu 650 Mbytes. Sehingga media ini
biasanya digunakan untuk menyimpan data-data sekali tulis saja, seperti installer, file lagu (mp3),
ataupun data statik lainnya.


DVD (Digital Versatile Disc)
DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc.
DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes.
Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar,
sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun
sejak diperkenalkan pertama kali.
Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM
memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s.
Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data
yang dapat dilakukan.
DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih, yang disebut dengan
Recordable DVD, dan memiliki 6 macam versi, yaitu :
DVD-R for General, hanya sekali penulisan
DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan
DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali
DVD-RW, dapat ditulis berulang kali
DVD+RW, dapat ditulis berulang kali DVD+R, hanya sekali penulisan

BacaArtikel Terkait:


.





Artikel Terkait:

0 komentar:

Daftar Isi

Open all | ClosedAll

Daftar Isi 2

Blog Archive

Musik Pengiring (Mainkan!)

Powered by Java Komp-Tech

ShoutMix chat widget
 

JavaKomp-Tech Mengucapkan:

""MARHABAN ya Ramadhan "
Free Tail- Heart 2 MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com